Menghentikan kebiasaan merokok

07/26/2014 09:38

pada beberapa jam yang pertama bukan sesukar yang Anda bayangkan. Tetapi saatnya akan tiba apabila keinginan untuk merokok akan mengancam untuk mengalahkan Anda. Barangkali akan timbul gangguan-gangguan. Ada bahayanya apabila seseorang sahabat menawarkan sebatang rokok atau mengejek Anda karena berhenti merokok. Pada saat seperti itu Anda perlu berdiri teguh dan mawas diri, sama seperti seorang tua yang memperhatikan anaknya yang nakal.

Keinginan akan meluap, tetapi janganlah biarkan keinginan itu menguasai Anda. Tunggulah sejenak lagi sampai keinginan itu bertambah lemah. Hitunglah detik-detik itu sambil berkata pada diri: “Setiap detik yang saya tahan akan melemahkan keinginan untuk merokok,”Setelah lewat semenit, mungkin keinginan itu masih keras, tetapi Anda sudah menguasai keadaan. Cobalah pada menit kedua dan ketiga sampai Anda melihat keinginan itu bertambah lemah. Anda sudah menguasai keinginan itu.

                Keinginan perokok akan terus terulang, tetapi lawanlah terus setiap kemenangan akan melumpuhkannya. Anda akan merasa bangga karena telah terbukti dapat menguasai perangai anda sendiri.

                Minggu yang pertamalah yang paling sulit. Setelah sekian lama bertahan, katakanlah pada dirimu bahwa sangat bodoh sekali kalau mau mundur sekarang ini. Keinginan itu tidak akan mengalahkan Anda asal Anda siap siaga selalu. Teruskan memuji diri karena Anda sudah meraih kemenangan, dan teruskanlah menghitung segala keuntungannya kalau berhenti merokok.

                Apabila keinginan merokok begitu kuat, hiruplah udara dalam-dalam enam belas kali dalam satu menit. Jangan terlalu dalam karena Anda mungkin jadi pening. Beragan pertanyaan muncul untuk mengatasi keluhan yang mereka rasakan. Sebagai contoh bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat? Lalu muncul lah beragam jawaban yang dapat membinggungkan penderita. Harus di butuhkan kecermatan dalam memilih sesuatu yang baik untuk merawat kesehatan.

                Layanilah dirimu pada saat kritis memuncak. Sediakanlah makanan sehat pada waktu makan, tidurlah secukupnya, olahraga setiap hari, dan hindarkan bahan perangsang (seperti kopi) dan makanan yang pedas-pedas. Minilah sari buah yang banyak. Hindarkan minuman alkohol.

                Seorang yang mengalahkan kebiasaan merokok akan mendapat upah yang besar. Sementara bekas perokok meraih sukses, dia merasa bersemangat dan rasa harga diri yang meningkat. Di Sinilah terletak rahasia penguasaan diri. Setelah membuang kebiasaan ini dia akan memperoleh kesehatan yang lebih baik, umur yang lebih panjang dan kepuasan hidup yang lebih limpah.